Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli  PABX.

Ada banyak jenis Type, dengan berbagai kapasitasnya dan ketersediaan berbagai fitur nya yang tersedia untuk dipilih. Tetapi apakah sebenarnya hal yang harus dipertimbangkan ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah PABX.  Berikut ini adalah empat tips dalam membeli PABX untuk kantor Anda :

1. Kapasitas PABX
Kapasitas disini berarti jumlah trunk line dan jumlah telepon ekstension yang ada pada PABX. Trunk lines juga dikenal sebagai CO Lines / koneksi PSTN (Public Switched Telephone Network) untuk berkomunikasi dengan dunia luar.
Ekstension adalah jumlah telepon ekstensi yang akan dipasang di kantor. Untuk menentukan banyaknya CO Line tergantung pada banyaknya pos-pos penting yang memerlukan konektivitas langsung dengan telepon luar.

Di kantor dengan kegiatan pemasaran yang tinggi mungkin perlu CO Line yang lebih banyak dari pada sebuah kantor dengan kegiatan pengembangan produk.
CO Line bisa berbentuk analog ataupun digital. Jumlah line (port) untuk digital dimulai dengan minimum 30 port digital. Sedangkan Analog CO Line adalah koneksi PSTN secara biasanya.
Pertumbuhan masa depan organisasi dalam jumlah pegawai dalam jangka waktu tertentu adalah salah satu faktor penting dalam memilih Type dan Kapasitas PABX .

2. Kemampuan PABX untuk Upgrade
Upgradability atau kemampuan PABX dalam menambah kapasitas-nya harus menjadi faktor penting dalam membeli PABX. Ada model PABX yang dapat diupgrade / di tambah kapasitasnya sampai dengan maximal kapasitas tertentu baik dari CO Line maupun Extensi-nya. ada juga yang tidak. Selain itu, biaya upgrade bervariasi tergantung dari jumlah port maupun ekstensi-nya. Jadi, kita harus mempertimbangkan biaya up-gradasi ke depannya secara cermat.

3. Price Harga
Harga merupakan faktor yang sangat penting dalam membeli PABX. Tetapi memilih PABX yang lebih murah seharusnya tidak boleh mengurangi ataupun mengorbankan kualitas sistem PABX itu sendiri. Ada banyak komponen biaya dalam sistem PABX seperti pengkabelan, backup power supply, rak system dll. Terkadang PABX yang lebih murah dengan konfigurasi dan beban yang sama, tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik dibanding dengan PABX yang relative lebih mahal harganya. Biaya pemeliharaan sistem PABX dan dukungan vendor dalam pelayanan purna jual adalah hal lainnya yang juga harus dipertimbangkan.

4. Fitur PABX
Sekarang ini PABX sistem menawarkan banyak fitur. Namun, PABX yang baik setidaknya memiliki fitur yang tercantum di bawah ini:
a. Call transfer
b  Caller ID
c. Call Conferencing
d. Auto attendant
e. Call Forwarding

beli pabx
Untuk fitur canggih seperti pesan suara, CTI (Computer Telephony Integration) memang masih tinggi harganya tetapi mungkin terbukti sangat berguna dalam penggunaan jangka panjang.