Sistem Closed Circuit Televison atau yang biasa dikenal dengan kamera CCTV dulunya memang biasa digunakan di perkantoran, pertokoan, pusat perbelanjaan, dan area-area publik lainnya. Untuk cctv rumah, bisanya hanya rumah-rumah mewah saja yang dilengkapi dengan sistem ini.
Kamera CCTV ini memang memiliki fungsi untuk memantau secara real time tempat-tempat yang susah diawasi. Selain itu, kemampuannya untuk merekam juga sangat membantu untuk pembuktian atas kejadian yang terjadi.
Pemasangan sistem CCTV rumah ini dulunya memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena alat yang dibutuhkan bukan hanya sebatas satu kamera saja, melainkan satu set sistem. Sistem CCTV rumah ini biasanya terdiri dari berbagai jenis kamera yang diketakkan di berbagai lokasi, kemudian kamera-kamera tersebut dihubungkan ke DVR. Dari DVR tersebut baru kemudian apa yang ditangkap pada kamera CCTV disimpan dan dapat dilihat pada monitor.
Sistem CCTV biasanya dikenal dengan CCTV Analog. Pemasangannya tidak mudah karena Anda harus membuat jaringan menggunakan kabel antar kamera dan DVR.
Namun teknologi kamera CCTV sekarang sudah menggunakan sistem internet protokol (IP) kamera. Kamera ini dapat berdiri sendiri tanpa Anda harus memiliki satu set DVR beserta hard disk dan monitor. Dengan menggunakan jaringan internet, Anda bisa melihatnya secara realtime melalui smartphone Anda.
CCTV rumah menggunakan IP kamera ini pemasangannya memang lebih mudah, karena tidak ada set DVR yang harus dihubungkan. Tidak adanya set DVR ini juga membuat harganya bisa jadi lebih murah. Selain itu karena setiap kameranya berdiri sendiri, Anda tidak perlu langsung membelinya dalam satu set. Anda bisa mencicilnya satu demi satu sesuai dengan kebutuhan.

Pilih sesuai kebutuhan dan budget
Memang antara CCTV analog dan CCTV dengan IP Kamera mempunyai keunggulan masing-masing. Penggunaannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Untuk rumah yang memiliki tenaga pengamanan (satpam) khusus yang selalu siap siaga, tentu saja tipe analog lebih bagus. Namun untuk rumah yang tidak memerlukan pengamanan khusus, IP Kamera tentu saja menjadi pilihan lebih baik.
Penentuan tipe-tipe kamera juga bisa ditentukan dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda ingin mengamankan rumah dari ancaman dari luar, yang harus digunakan adalah beberapa kamera jenis outdoor yang bisa memantau semua pintu masuk dan keluar rumah. Untuk Anda yang ingin memantau keadaan di dalam rumah, tentu saja jenis kamera indoor yang menjadi pilihan.
Selain itu, kalau kebutuhan Anda adalah mengamati perlakuan asisten rumah tangga atau pengasuh anak Anda ketika Anda tidak ada di rumah, jenis spy cam dengan peletakan yang disembunyikan bisa jadi pilihan.
Terakhir, tentu saja sesuaikan dengan budget. Harga CCTV ini sangat beragam, mulai dari Rp 150.000 sampai puluhan juta rupiah. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa cek harga cctv online yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda di Tokopedia.
Tidak hanya itu, melalui store.srktel.com situs belanja online tepercaya ini Anda juga bisa mencari kebutuhan perangkat keamanan rumah Anda. Seperti mulai dari CCTV, alarm anti maling, video door phone, intercom ataupun beli home automation.
Tunggu apalagi? dimulai dari SRKTel.com/store, Tingkatkan rasa aman dan nyaman di Rumah, Asset dan Property anda.