cctv serang

Kamera nirkabel konsumer Dahua IPC-C22 merupakan varian tertinggi pada jajaran kamera konsumer jaringan Dahua. Sejak diluncurkan pada 2018 lalu, kamera ini mampu melakukan monitoring secara live dengan sudut kemiringan -5°~90°. Dengan kemampuan pergerakan tersebut, kamera ini sangat gampang dalam menjangkau tiap sudut rumah. SRKTel pun berkesempatan untuk menguji kamera yang diberikan langsung oleh salah satu distributor Dahua di Indonesia, PT Jaring Semesta Integrasi (JSI).

Dahua IPC C22 menyajikan resolusi tampilan video hingga Full HD 2MP dengan performa kamera mencapai 1080P, ditambah dengan teknologi kompresi H.264/MJPEG agar kualitas gambar tetap konsisten namun tidak mengorbankan ruang untuk penyimpanan video.

Kualitas gambar yang jelas tersebut masih dilengkapi dengan fitur audio dua arah karena Dahua IPC C22 sudah dibekali speaker dan mikrofon. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat berkomunikasi secara dua arah dengan orang yang ada di rumah. Bahkan tambahan fitur penting lainnya seperti deteksi gerak mampu memastikan keamanan rumah dari mana dan kapan saja. Pasalnya, kamera akan memberikan notifikasi ke ponsel pengguna begitu ada gerakan terdeteksi.

Pengguna Dahua IPC C22 juga dipermudah dengan penyimpanan secara cloud bernama easy4ip. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengakses kamera dan melihat siaran langsung dari kamera asalkan terkoneksi ke internet melalui WiFi. Dengan easy4ip pula, hasil rekaman video juga dapat disimpan dan dapat diputar ulang kapanpun dan dimanapun. Untuk mendukung penyimpanan cloud easy4ip, kamera ini dapat mendukung penyimpanan data melalui Micro SD dengan kapasitas hingga 64GB.

Desain

Dahua IPC-C22 memiliki desain yang cukup modern sehingga dapat menyatu dengan interior rumah manapun. Dengan dua warna, hitam untuk kepala kamera dan putih untuk badan kamera, Dahua IPC-C22 merepresentasikan simplisitas dari segi rupa. Terdapat lampu indikator LED yang tertanam di dalam bodi yang menandakan kamera aktif. Lampu ini dapat dimatikan jika pengguna menginginkan mode operasi stealth.

Selain itu, di kepala kamera terdapat LED infra merah yang berfungsi untuk pengawasan saat kondisi ruangan gelap total. Mikrofon dan speaker juga sudah ditempatkan sedemikian rupa dan menyatu dengan bodi. Untuk bagian belakang kamera, terdapat port USB yang digunakan sebagai sumber tenaga listrik dan tombol reset/WPS.

CCTV WIFI Dahua IPC-A22

Pengaturan

Setelah melakukan unboxing, maka akan ditemui unit kamera, buku panduan, power adapter, kabel USB, dan sepaket sekrup. Paket sekrup ini digunakan jika pengguna ingin memasang kamera di plafon atau tembok.

Untuk mengoperasikan CCTV nirkabel ini, hal yang pertama perlu dilakukan adalah mengaktifkan kamera dengan mengkoneksikan kabel USB dan power adapter ke port USB lalu dicolokkan ke stop kontak listrik. Kemudian, kamera akan menampilkan lampu berwarna Hijau berkedap-kedip tanda sudah menyala.

Dahua IPC C22 termasuk perangkat yang cukup mudah untuk masalah pengaturan. Saat ingin mengkoneksikan kamera ke ponsel, maka pengguna perlu mengunduh aplikasi “imou” yang tersedia untuk iOs dan Android. Langkah berikutnya, daftarkan nomor seri yang berada di boks kemasan atau di bagian bawah kamera dan koneksikan kamera ke jaringan WiFi rumah. Setelahnya tinggal ikuti saja pengaturan yang tampil di layar ponsel. Jika sudah ada tayangan dari kamera di ponsel, itu tandanya kamera sudah siap dioperasikan. Aplikasi imou ini juga memungkinkan untuk mendaftarkan dan melihat tayangan dari empat unit Dahua IPC C22 dan A22 sekaligus.