IP CAM HIKVISION

Smart IP Cam Hikvision adalah IP Camera bermerk internasional yang mempunyai feature-feature smart ip cam yaitu :

1. LICENSE PLATE RECOGNITION ( ANPR )

ANPR (Automatic Number Plate Recognition) merupakan aplikasi yang dibenamkan ke dalam perangkat IP Cam secara langsung dan tidak menggunakan software pihak ketiga seperti yang ada pada kebanyakan CCTV. IP Cam Hikvision membenamkan aplikasi ini langsung didalam unit. Aplikasi ini digunakan sebagai pendeteksi nomor polisi kendaraan bermotor dan mampu menangkap nomor kendaraan meskipun dalam kecepatan tinggi hingga 200km/ jam.

2. FACE ANALYSIS

Aplikasi ini juga dimiliki oleh IP Cam Hikvision. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengatur untuk pembedaan gender antara lelaki dan perempuan dan bisa langsung memunculkan riwayat atau catatan orang tersebut, dengan syarat wajah tersebut telah discanning dan disimpan pada databse system. Dengan begitu jika dalam pusat keramaian kita ingin mencari seseorang maka aplikasi Face Analysis bisa digunakan dengan cepat sejauh wajah yang terdeteksi terlihat oleh kamera smart IP Cam Hikvision.

3. HEAT MAPING

Feature smart ini mampu memindai suhu tubuh seseorang meskipun dalam kerumunan. Jika suhu tubuh yang orang tersebut cocok dengan data maka sistem akan memberikan notifikasi.

4. PARKING GUIDE INTELIGENT

Feature dalam aplikasi ini mampu mendeteksi jumlah kendaraan yang sudah masuk serta mampu mendeteksi apakah masih tersedia slot parkir atau penuh. Uniknya dan perbedaan dengan Parking Guide Inteligent yang ada adalah aplikasi kamera smart IP Cam Hikvision mampu memberikan informasi lokasi kendaraan  dan memberikan arahan menuju tempat parkir pemilik mobil. Dengan teknologi ini memudahkan pengendara jika lupa menaruh mobil atau kendaraannya. Tentunya feature ini sangat berguna sekali bagi manusia misalnya diaplikasikan pada pusat-pusat perbelanjaan, airport dan lain-lainnya

5. INTEGRATION WITH POLICE SYSTEM

Aplikasi kamera smart IP ini juga dimiliki oleh IP Cam Hikvision dan di Indonesia sistem aplikasi ini telah diintegrasikan untuk digunakan dan masih pada tahap sosialisasi. Aplikasi ini digunakan untuk mendeteksi pelanggar lalu lintas di jalan, baik pelanggaran dengan mengendarai melebihi kecepatan, berhenti melebihi garis pembatas hingga melakukan parkir di sembarang tempat.

Semua aplikasi ini terdapat didalam unit, dan inilah yang menjadi keunggulan kamera smart IP Cam Hikvision dibanding dengan kamera lain yang menggunakan software pihak ketiga untuk melakukan monitoring.

Hal lain yang menjadi daya tarik smart IP Cam Hikvision ini adalah kemampuan mengaplikasikan video dengan resolusi paling tinggi saat ini yakni 4K. Untuk harga kamera smart IP Cam Hikvision ini bervariatif, tetapi bisa dipastikan lebih mahal ketimbang merk lain karena teknologi yang diadopsi.

Kilas balik IP Cam

Kamera protokol internet, atau kamera IP, adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk surveilans, tidak seperti kamera televisi sirkuit tertutup (CCTV) analog, IP CAM dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan Internet. Meskipun kebanyakan kamera yang melakukan ini adalah Webcam, istilah “kamera IP” atau “netcam” biasanya hanya diterapkan pada yang digunakan untuk surveilans. Kamera IP yang pertama adalah Axis Neteye 200, dirilis pada tahun 1996 oleh Axis Communications.

Ada dua jenis kamera IP yaitu; Kamera IP centralized, yaitu yang membutuhkan perekam video jaringan pusat (NVR) untuk menangani pengelolaan rekaman, video dan alarm.Kamera IP yang terdesentralisasi, yaitu yang tidak memerlukan NVR pusat, karena kamera memiliki fungsi perekaman built-in dan dengan demikian dapat merekam secara langsung ke media penyimpan standar, seperti kartu SD, NAS (penyimpanan terpasang jaringan) atau PC / server.

Kamera IP centralilzed pertama dirilis pada tahun 1996 oleh Axis Communications. Itu disebut Axis Neteye 200 dan dikembangkan oleh tim Martin Gren dan Carl-Axel Alm. Ini menggunakan server web custom internal ke kamera. Pada akhir 1999, perusahaan mulai menggunakan embedded Linux untuk mengoperasikan kameranya. Axis juga merilis dokumentasi untuk API tingkat rendah yang disebut “VAPIX”, yang dibangun berdasarkan standar terbuka HTTP dan protokol streaming real time (RTSP). Arsitektur terbuka ini dimaksudkan untuk mendorong produsen perangkat lunak pihak ketiga untuk mengembangkan perangkat lunak manajemen dan perekaman yang kompatibel.

SEJARAH HIKVSION

Hikvision didirikan pada tahun 2001 oleh HIK Information Technology (China) dengan perusahaan memiliki 51% saham dan saham Gong Hongjia (Cina) 49%. Hikvision membuat produk untuk pasar video surveillance.  Ini mencurahkan 8% dari pendapatan tahunannya untuk penelitian dan pengembangan, dengan 18.000 karyawan dan 7.181 insinyur yang bekerja untuk tim Litbang pada akhir tahun 2015. Hikvision telah terdaftar di Bursa Efek Shenzhen sejak tahun 2010. Perusahaan ini menyediakan produk pengawasan ke pasar global melalui lebih dari “2.400 mitra di 155 negara dan wilayah”, dan hadir di 18 lokasi di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2016, perusahaan tersebut menyimpulkan kesepakatan untuk menggunakan teknologi penglihatan komputer Movidius.

Smart IP Cam Hikvision