Kamera CCTV

CCTV merupakan alat pengaman yang menyalurkan sinyal video ke tempat tertentu, yang didapat dipantau lewat satu atau beberapa monitor.

Berbeda dengan siaran televisi, sinyal Kamera CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. Kamera CCTV biasanya digunakan untuk pengawasan suatu area yang memerlukan monitoring seperti gedung, kantor, bank, gudang, tempat umum, apartemen dan rumah.

Sistem Kamera CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor. Teknologi Kamera CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, Wireless-LAN maupun Internet. Konfigurasi sistem security CCTV pertama kali yang diinstal oleh Siemens AG adalah di Jerman pada tahun 1942 saat Test Stand VII.Pada bulan September 1968, Olean, New York adalah kota p

Pertama kali di negara Amerika yang menginstal kamera CCTV di jalan-jalan  utama tentunya dalam upaya mencegah terjadinya kriminalitas sehingga dapat memberikan informasi kepada pihak kepolisan dengan pemakaaian teknologi keamanan yang cepat.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat peralatan IT menjadi terjangkau oleh konsumsi publik, penggunaan Kamera CCTV di kemudian hari menjadi sangat umum baik gedung, kantor, bank, gudang, tempat umum, apartemen maupun perumahan untuk mencegah pencurian, dengan merekam bukti kegiatan kriminal.

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM PEMASANGAN Kamera CCTV

Untuk membuat sebuah sistem Kamera CCTV sederhana terlebih dahulu anda harus mengetahui peralatan alat atau material yang digunakan dalam instalasi tersebut. Berikut ini peralatan atau material yang diperlukan :

  • Konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman konektor) :

Merupakan jenis konektor RF yang pada umumnya dipakai untuk kabel koaksial RG-6 yang mengkoneksikan CCTV, televisi, radio serta perangkat radio-frekuensi elektronik.

  • Kabel Coaxial :

adalah tipe kabel yang digunakan untuk mengirmkan sinyal video melalui kamera CCTV ke monitor. Terdapat beberapa jenis kabel coaxial yaitu: RG-59, RG-6 dan RG-11. Kabel Coaxial sekarang ini banyak yang sudah dilengkapi dengan kabel power untuk suply listrik ke CCTV Camera sehingga memudahkan pekerjaan Instalasinya.

  • Adaptor dan power supply :

Adalah alat yang menyuplai tegangan ke kamera CCTV, umumnya tegangan yang dipakai adalah 12 Volt DC. Akan tetapi ada juga yang memakai tegangan 24 Volt AC ataupun 24 Volt DC. Hal in bergantung pada jenis atau tipe kamera yang dipakai.

Kita dapat membedakan kamera CCTV menjadi beberapa jenis diantaranya kamera Fixed Dome, kamera IP, kamera wireless serta kamera PTZ ( Pan/Tilt/Zoom ).

Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran anda.

Apabila anda memerlukan kamera, teliti dengan seksama spesifikasi kamera CCTV tersebut sebelum memasangnya. Biasanya spesifikasi yang diberikan berupa format lensa CCD (Charge Coupled Device) yang memiliki ukuran tipikal (1/2mm, 1/3mm dan 1/4mm), TV Lines yang berkaitan dengan resolusi gambar, LUX yang berkaitan.

Dengan adanya sensitifitas kamera terhadap cahaya, lensa Verifocal yang berhubungan dengan pengaturan angle atau sudut pandang kamera dapat diatur secara manual, outdoor, indoor dan lainya.

Jumlah penyimpanan hasil rekaman bergantung pada kapasitas hardisk yang terinstal ( biaanya 500GB, tapi ada juga yang ditingkatkan menjadi 2 TB tergantung dari banyaknya jumlah CCTV yang terpasang. Hasil rekaman video itu ada yang memiliki format QCIF, MPEG-4 dan AVI. Biasanya slot DVR terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel CCTV.

Kamera CCTV yang kami distribusikan :

  • Hikvision CCTV Camera, See there Clearly when you can’t be there
  • Dahua CCTV Camera, Smart Security
  • Proview CCTV Camera, Good Quality-Good design-Good Price
  • Hilook CCTV Camera, Clearer Image without blind spot
  • Imou CCTV Camera, Enhancing Vision
  • Hiview CCTV Camera, Maximise your Security System
  • Avaro CCTV Camera, More than a Guarantee